Maksimalkan Fanpage Facebook Bagi Bisnis Anda
Sebagai salah satu situs jejaring sosial yang cukup ternama, kehadiran facebook ternyata memberikan berbagai macam kemudahan bagi para pelaku usaha untuk mempromosikan perusahaannya. Sebut saja seperti akun fan page facebook yang dapat digunakan para pengusaha untuk menjaring komunitas sebanyak-banyaknya. Meskipun peluang terjadinya transaksi pembelian tidak terlalu besar, namun membuat fan page facebook untuk menjaring komunitas memang menjadi salah satu strategi pemasaran online yang cukup efektif. Berikut fungsi fanpage Facebook yang dapat kita maksimalkan
1. Sebagai ajang membangun networking
Kepopuleran facebook ternyata ikut mendongkrak popularitas akun-akun yang dibuat para membernya. Bahkan tak jarang calon konsumen, calon mitra kerja Anda, sampai calon investor Anda, mengenal keberadaan bisnis Anda melalui akun fan page yang Anda buat. Karena itulah, jangan melewatkan peluang tersebut dan manfaatkan fan page facebook sebaik-baiknya untuk memperluas jaringan bisnis yang Anda miliki.
2. Mendongkrak popularitas website
Melalui fan page facebook, Anda bisa mencantumkan sebuah link yang akan mengarahkan para fans (penggemar) Anda untuk mengunjungi halaman website yang Anda miliki. Meskipun kapasitasnya tidak terlalu besar, namun dampak yang diberikan ternyata cukup membantu peningkatan jumlah kunjungan website. Sehingga tidak menutup kemungkinan bila page rank website Anda akan ikut naik, dan popularitas bisnis yang Anda bangun juga semakin memuncak seiring dengan bertambahnya jumlah penggemar yang bergabung di halaman fan Anda.
3. Memperkuat komunikasi Anda dengan pelanggan
Selain menjadi ajang untuk menjaring komunitas sebanyak-banyaknya, Anda juga bisa memanfaatkan fan page facebook untuk meningkatkan kualitas komunikasi Anda dengan para pelanggan. Misalnya saja dengan membuka layanan konsultasi tanya jawab seputar bisnis Anda, memberikan kesempatan kepada member Anda untuk berbagi foto, video, serta memposting informasi penting lainnya seputar bisnis yang Anda jalankan. Jadi, bisa terjalin komunikasi dua arah yang tentunya memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak (baik konsumen maupun pelaku usaha).
4. Menjadi sarana tepat untuk mengamati kebutuhan pasar
Melalui informasi yang dibagikan para pelanggan, Anda bisa mengetahui minat dan kebutuhan para konsumen, mendengar berbagai macam pengalaman yang diperoleh para konsumen, mengamati perubahan trend yang ada di pasaran, sampai mengikuti berita perkembangan para pesaing Anda, sehingga selanjutnya Anda bisa memanfaatkan informasi tersebut sebagai bahan pertimbangan untuk menjalankan roda perusahaan di masa-masa yang akan datang.
5. Membuka peluang promosi dari mulut ke mulut
Memanfaatkan situs jejaring sosial seperti facebook sebagai media promosi online memang sangatlah tepat. Sebab, strategi ini ternyata tidak hanya membantu para konsumen mengenali perusahaan Anda, namun juga memicu para konsumen untuk menyebarluaskan informasi perusahaan Anda dari mulut ke mulut (strategi pemasaran word of mouth). Hal ini tentu memberikan banyak keuntungan bagi bisnis Anda, sehingga keberadaan usaha Anda semakin dikenal banyak orang dan kemungkinan mendapatkan omset besar setiap bulannya semakin terbuka lebar.