News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Berbagai Strategi Info Pemasaran Facebook

Berbagai Strategi Info Pemasaran Facebook


Facebook bukan lagi sebuah nama yang asing bagi setiap orang. Hampir setiap orang mengenal dan memiliki akun Facebook. Facebook adalah salah satu jenis media sosial yang jumlah penggunanya di dunia saat ini paling besar. Bukan hanya orang dewasa, saat ini para remaja yang masih sekolah pun banyak yang mempunyai akun ini.

Fungsi utama Facebook memang sebagai sarana komunikasi seseorang kepada teman, sahabat, saudara baik yang berada di dekat maupun yang sangat jauh darinya, bahkan hingga berbeda negara.

Di dalam Facebook diberlakukan pertemanan sehingga setiap orang mampu meminta pertemanan kepada siapa saja pemilik akun untuk dijadikan pertemanan. Selain itu, di dalam Facebook juga bisa untuk mengunggah foto, video, ataupun status.

Hal yang menarik saat ini adalah Facebook bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk bersosial media ria, namun juga bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan pundi keuntungan. Banyak sekali orang yang memanfaatkan akun Facebook untuk memasarkan berbagai produk atau bisa disebut untuk sarana berbisnis.

Bisnis menggunakan Facebook tentunya harus memperhatikan strategi pemasaran Facebook agar berjalan lancar dan menghasilkan laba yang banyak.



Bagaimana Strategi Pemasaran Facebook untuk Bisnis yang Lancar ?

Pebisnis yang handal dalam memanfaatkan akun Facebook dalam berbisnis online menggunakan berbagai strategi pemasaran Facebook secara tepat dan juga efektif. Terdapat dua strategi pemasaran Facebook yang jitu yang bisa diterapkan dalam usaha atau bisnis online melalui Facebook, yakni sebagaimana di bawah ini :

  1. Spamming ( strategi dengan menimbulkan spam) Spamming merupakan strategi pemasaran Facebook yang sangat mudah untuk dilakukan. Cara yang bisa dilakukan untuk strategi jenis spamming ini antara lain :
    a. Dengan mengunggah gambar serta foto produk yang dijual dengan menandai (tag) teman di Facebook secara sembarangan.
    b. Dengan memasuki grup-grup di Facebook, kemudian langsung membuka lapak untuk menawarkan produk-produk yang dijual.
    c. Dengan mengirim gambar-gambar produk secara inbox kepada seluruh teman Facebook.
    Strategi spamming ini sangat mudah dilakukan tanpa ribet, namun memiliki sisi negatif bagi pebisnis itu sendiri karena dipastikan akan memiliki reputasi yang buruk serta merugikan orang lain karena mengganggu teman-teman Facebooknya.
  2. Strategi soft selling (penjualan yang lembut) Soft selling merupakan strategi pemasaran Facebook yang tepat untuk dijalankan setiap pebisnis. Strategi jenis ini berbanding terbalik dengan jenis yang pertama, dimana soft selling dilakukan dengan cara lembut.
    Cara unik dari strategi soft selling adalah tidak serta merta melakukan pemaksaan kepada setiap orang untuk membeli produk yang ditawarkan. Namun, terlebih dahulu pebisnis akan memberikan edukasi kepada para customer.
    Soft selling memiliki kelebihan karena sifatnya yang positif. Kelebihannya antara lain :
    a. Calon pembeli akan menanggapi secara positif karena tidak merasa terganggu dengan pemasaran yang dilakukan.
    b. Reputasi pebisnis akan dikenal dengan baik.

Untuk pemasaran yang baik hendaknya dilakukan dengan menggunakan jenis strategi pemasaran Facebook jenis soft skill.


Bagaimana Cara Meningkatkan Pemasaran Facebook?

Setelah pebisnis memahami jenis strategi pemasaran Facebook, maka selanjutnya harus mengetahui tentang bagaimana cara meningkatkan pemasaran Facebook agar berkembang dengan pesat.

Cara untuk meningkatkan pemasaran Facebook antara lain :

  • Menggunakan jenis Facebook fanspage bukan jenis Facebook personal.
  • Menggabungkan profil pada akun Facebook dengan penggabungan foto pribadi dengan foto bisnis yang dijalankan.
  • Menambah teman yang ada di grup Facebook dan mencari grup-grup di Facebook yang relevan dengan bisnis yang dijalankan.
  • Membuat rencana mengenai konten Facebook.
  • Menggunakan fitur yang digunakan sebagai penjadwal status secara otomatis.
  • Membuat grup Facebook.
  • Memposting berbagai gambar, foto, dan video terkait dengan produk yang dipasarkan.

Cara di atas sangat perlu untuk dilakukan supaya mendongkrak peningkatan pemasaran Facebook. Di sisi lain, kita juga perlu memperhatikan kendala-kendala yang sering terjadi di dalam pemasaran Facebook. Kendala kecil bisa mengakibatkan permasalahan besar yang mana tidak berhasilnya pemasaran Facebook yang dijalankan.

Kendala yang sering dialami oleh pebisnis online menggunakan Facebook meliputi: ketidaksesuaian yang terjadi antara target market dengan konten, kurangnya minat baca dari yang melihat iklan produk, serta konten promosi atau iklan yang dilakukan terlihat membosankan.
Maka, kendala yang terjadi tersebut bisa dihindari dengan menerapkan strategi pemasaran Facebook sebagaimana yang telah dijelaskan di awal.

Strategi Pemasaran Facebook untuk Membangun Brand Bisnis

Setiap harinya jutaan orang menggunakan Facebook sebagai platform media sosial. Facebook memiliki total 2 juta pengguna aktif.

Sehingga menjadikannya media sosial terbesar. Oleh karena itu banyak pula bermunculan strategi pemasaran Facebook untuk membangun brand bisnis.

Dengan memiliki prospek menjanjikan, bagi freebuddies yang punya bisnis via media sosial Facebook ini juga harus menerapkan langkah yang tepat untuk pemasaran.

Karena strategi konten yang baik akan membantu menarik audiens untuk menjadi pelanggan freebuddies.

Kiat-kiat Jitu Membangun Brand Bisnis Melalui Pemasaran Facebook

Gunakan foto profil yang menarik

Kesan pertama itu sangat penting. Karena pelanggan potensial akan lebih dulu melihat foto profil freebuddies di Facebook.

Baik melalui pencarian atau melihat akun freebuddies di kolom komentar. Gunakan foto berkualitas tinggi agar jelas dilihat.

Untuk usaha perorangan freebuddies bisa memakai foto close up yang memperlihatkan wajah. Sementara untuk perusahaan dapat menampilkan foto profil logo perusahaan yang menciptakan kesan minimalis.

Foto cover tidak kalah penting

Strategi pemasaran Facebook untuk membangun brand bisnis yang berikutnya masih tentang foto. Foto cover freebuddies mencerminkan bisnis sehingga penting untuk menarik perhatian pengunjung.

Selain menggunakan foto jernih dengan kualitas tinggi, cover profil Facebook adalah tempat sempurna untuk meletakkan slogan bisnis. Ini membantu mengenalkan brand freebuddies kepada pengunjung terutama yang belum mengenalnya sama sekali.

Tidak hanya memposting tautan

Membagi jenis konten adalah tips pemasaran yang sangat membantu pengenalan brand freebuddies. Jadi tidak melulu memposting konten yang diberi tautan menuju ke website perusahaan.

Namun imbangi dengan konten yang tidak mengharuskan pengunjung untuk ‘keluar’ dari Facebook. Seperti misalnya konten berupa foto, kutipan, atau video. Dengan begitu pengunjung pun jadi lebih lama berada di laman Facebook freebuddies.

Perhatikan tata letak foto

Foto tidak hanya harus jernih dengan memiliki ukuran besar. Namun perlu juga freebuddies memerhatikan tata letak dan desainnya. Apakah foto tersebut sudah pas untuk Facebook desktop dan mobile? Terutama foto profil dan cover.

Jadi freebuddies memang harus memerhatikan seluruh aspek. Tidak hanya Facebook desktop saja. Jangan sampai pada Facebook mobile fotonya jadi terpotong. Tentu terasa kurang nyaman ketika dilihat.

Manajemen Waktu dan Evaluasi Hasil Analitik Facebook

Mengelola waktu posting

Di Facebook waktu posting itu sangat penting. Jadi bukan hanya apa yang diposting namun juga kapan mempostingnya. Ini adalah strategi pemasaran Facebook untuk membangun brand bisnis.

Menurut SproutSocial, waktu terbaik untuk memposting di Facebook adalah saat siang menjelang sore pada hari-hari kerja. Ini merupakan waktu posting ideal untuk brand bisnis. Untuk memudahkan maka bisa dibuatkan jadwal posting, freebuddies.

Mempercepat waktu respon

Terkadang untuk bisa unggul dari kompetitor caranya dengan memberikan layanan yang terbaik. Orang-orang punya ekspektasi yang tinggi untuk respon ini.

Semakin cepat dan makin baik respon freebuddies maka lebih memuaskan bagi pengunjung. Jika belum bisa merespon setidaknya mintalah untuk menunggu dulu.

Jadi freebuddies menunjukkan perhatian yang tinggi terhadap pengunjung. Sebaiknya jangan membiarkan atau mengabaikan postingan begitu saja karena bisa mengecewakan.

Tidak mengabaikan hasil analitik

Hasil analitik Facebook tidak kalah penting untuk bisnis freebuddies. Karena melalui cara ini bisa terlihat seberapa efektif pemasaran yang sudah dilakukan.

Freebuddies juga bisa melihat konten seperti apa yang paling banyak mendapat klik dan kesan. Sehingga dapat membantu mengoptimalkan strategi Facebook yang efektif untuk menjangkau pengunjung.

Jadi jika freebuddies merasa bahwa audiens di Facebook tidak kunjung meningkat, waktunya untuk mengecek lagi hasil analitik sosialnya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.